Preview Inggris Vs Malta: Hapus Kenangan Buruk di Wembley

Preview Inggris Vs Malta: Hapus Kenangan Buruk di Wembley

preview-inggris-vs-malta-hapus-kenangan-buruk-di-wembley-jao

Agen Bola Online – Gareth Southgate bakal memulai debutnya sebagai pelatih interim timnas Inggris saat menjamu Malta pada laga penyisihan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Stadion Wembley, Sabtu (8/10/2016) malam WIB. Pada pertandingan ini pelatih Tiga Singa tentu ingin menyimpan memori buruk tampil di Wembley, 16 tahun lalu.

Saat itu Southgate yang masih tercatat sebagai pemain menelan kekalahan atas Jerman pada 7 Oktober 2000 dengan skor 0-1 sebelum stadion termegah tersebut direnovasi. Hasil minor itu kemungkinan bakal dijadikan sebagai pelajaran kala Inggris menjamu Malta.

Timnas Inggris sejauh ini berada di peringkat kedua dengan raihan sempurna tiga poin dari satu laga di babak penyisihan Grup F melawan Slovakia. Kemenangan itu direbut Sam Allardyce sekaligus menandai kariernya sebagai pelatih setelah kasus penyuapan terbongkar.

Southgate sebenarnya tak perlu khawatir dengan pengalaman buruknya bermain di Wembley. Pasalnya Wayne Rooney dkk mempunyai rekor ciamik dengan belum terkalahkan dalam 30 pertandingan kualifikasi.

“Saya tela mendengar apa keluhan pemain tentang apa yang tidak bisa mereka lakukan. Tapi sekarang saya sudah melihat apa yang bisa mereka lakukan. Saya ingin mereka menunjukkan kebolehannya di lapangan dan saya mengharapkan pemain bisa mengontrol permainan,” ungkap Southgate, dalam konferensi pers jelang pertandingan.

Mengenai materi pemain, Southgate nampaknya sudah mengantongi siapa saja yang bakal jadi starter di pertandingan nanti. Tapi untuk posisi Rooney, ia belum bisa menjelaskan secara rinci. Namun demikian, pelatih interim tersebut tetap mempercayakan pemain bertubuh gempal untuk mengenakkan ban kapten.

Di bagian lain, sebenarnya Malta bukan lawan sepadan Inggris. Mereka bahkan menelan kekalahan di laga pembuka melawan Skotlandia dengan skor 1-5 pada 5 September lalu. Timnas penghuni 176 di dunia itu bahkan telah kehilangan lima laga kualifikasi Piala Dunia dengan kebobolan sebanyak 19 gol.

Tim polesan Pietro Ghedin semakin gemetar jika melihat rekor timnas Inggris ketika tampil di Wembley. Pasalnya tuan rumah telah membukukan 10 kemenangan dari 11 pertandingan terakhir mereka dan mencetak total 25 gol dengan kebobolan tiga.

Baca Juga : Cristiano Ronaldo Cetak Hat-trick Ke-42

Meski demikian, Ghedin mencoba untuk tetap tenang sambil bermimpi mencetak kemenangan ketiga di Wembley sekaligus menjadikan laga pertama Southgate bersama Inggris jadi mimpi buruk. “Saya pernah punya pengalaman menang sekali di Wembley pada 1997 dengan skor 1-0. Tapi permasalahannya kami belum pernah bermain di depan 80.000 penonton, dan bisa dikatakan jika Wembley adalah saah satu stadion terbaik di dunia. Malta terakhir kali tampil di sini pada 1997 dan ini yang bakal jadi tantangan,” timpal Ghedin.

Prakiraan susunan pemain

Inggris (4-2-3-1) Joe Hart, Gary Cahill, Ryan Bertrand, Kyle Walker, John Stones, Eric Dier, Jordan Henderson, Wayne Rooney, Marcus Rashford, Theo Walcott, Daniel Sturridge
Pelatih:Gareth Southgate

Malta (5-4-1) Andrew Hogg, Joseph Zerafa, Andre Agius, Steve Borg, Ryan Scicluna, Ryan Camilleri, Gareth Sciberras, Paul Fenech, Bjoern Kristensen, Zach Muscat, Alfred Effiong
Pelatih: Pietro Ghedin