Proposal Bhayangkara FC ke Wolfgang Pikal Terbentur Kontrak di Timnas

Proposal Bhayangkara FC ke Wolfgang Pikal Terbentur Kontrak di Timnas

proposal-bhayangkara-fc-ke-wolfgang-pikal-terbentur-kontrak-di-timnas-lk0

Agen Bola Online – Kehadiran pelatih Simon McMenemy di Bhayangkara FC (BFC) menghadirkan konsekuensi tersendiri. Manajemen harus mencari asisten pelatih yang sekaligus bertugas sebagai penerjemah, karena pelatih kelahiran Aberdeen, Skotlandia, tersebut belum lancar berbahasa Indonesia.

Baca Juga : Klasemen dan Hasil Boxing Day Liga Inggris, Senin (26/12/2016)

Meski pernah menangani Mitra Kukar dan Pelita Bandung Raya beberapa musim silam, Simon belum begitu menguasai bahasa Indonesia dan membutuhkan penerjemah. Untuk itu manajemen mulai mencari asisten pelatih yang bisa berbahasa Inggris dan Indonesia dengan baik.

Untuk sosok asisten-penerjemah, BFC sebenarnya sudah memasukkan nama Wolfgang Pikal sebagai salah satu incaran. Namun, asisten pelatih di Timnas Indonesia ini masih belum memberikan jawaban karena menunggu status kontraknya di Timnas yang kelar pada Januari 2017.

“Mungkin Simon McMenemy mengerti sedikit bahasa Indonesia, tapi kami ingin komunikasinya tak terhambat masalah bahasa. Dibutuhkan seorang translator (penerjemah) untuk bisa melancarkan komunikasi antara pelatih dan elemen tim lainnya,” kata AKBP Sumardji, Asisten Manager BFC.

Peran seorang asisten pelatih sekaligus translator bisa sangat krusial dalam menjembatani komunikasi di tim. Di Indonesia sudah bukan hal aneh lagi, misalnya ketika Arema Indonesia meraih juara musim 2008-2009 ada sosok Robert Rene Alberts yang didampingi Liestiadi.

Saat itu Liestiadi bukan sekadar seorang asisten pelatih, tetapi juga menjadi penerjemah bagi Robert. Nyatanya duet mereka berhasil mengantarkan tim meraih gelar juara. Juga ada pasangan Alm Miroslav Janu dengan Tony Ho dan pelatih asing lain yang belum menguasai bahasa Indonesia.

Simon McMenemy, dikatakan Sumardji, tidak terlalu ribet dengan sosok asisten pelatih. Eks nakhoda Timnas Filipina tersebut menyerahkan ke manajemen untuk sosok asisten pelatih yang akan mendampinginya menangani Evan Dimas dkk.

“Semoga kami menemukan asisten pelatih yang cocok kalau memang Wolfgang Pikal tidak bisa direkrut. Tanpa asisten pelatih yang menguasai bahasa Inggris dan Inggris, dikhawatirkan komunikasi tidak optimal. Semoga kami mendapatkan sosok yang tepat,” tandas Sumardji.